Sunday, September 4, 2011

Mudik Hebringgg

Sabtu, 3 September 2011, aku dan keluarga mudik. Hmm jumlah aslinya yang 4 orang, ketambahan 2 orang sodara dari Kediri. Jadilah se-Xenia ada 6 orang #njuk. Berangkat dari Jogja jam 06.30 PAGI. Sekali lagi PAGI. Tujuan utama sebenarnya Banjarnegara. Tapi sodara Kediri ngersakke ke Purwokerto dulu. Akhirnya Ayah ambil jalan yang lewat Purworejo.
Alhamdullilah yah berangkatnya lancar-lancar saja. Sampai Prembun apaya itu namanya...mulai macet. NAH!!!!! Selepas Prembun, jalan utamanya, jalur selatan, yang tadinya dua jalur cuma jadi sejalur! Gila nggak tuh! Mobil yang ngisi jalan tersebut cuma berplat B, F, E, D, dan yaa daerah Jabar lainnya. Macetnya sampe 3,5 jam! Sampe Pasar Karangnyar, Ayah belok ke kiri yang katanya dulu tempat KKN-nya. Mau lewat jalur alternatif gitudeh. Tapi kita cari masjid dulu soalnya Ayah udah ngampet pipis sejak macet tadi.
Sekalian sholat sih yaa kkan udah waktu Dhuhur. Abis sholat kita tanya-tanya sama takmir masjidnya. Jalan yang nggak macet lewat mana. Takmirnya bilang lewat Rowokele yang jarang macet. Kalo Gombong macet total. Jangan lewat Karangbolong, jalannya parah. Keluar dari desa itu, jalannya ada percabangan 3. Ke Rowokele, Gombong, dan Karangbolong. Nah sesuai masukan dari sang takmir, Ayah ambil jalan ke Rowokele. Sip lancar. Eh baru jalan 2 km, muaceeetttt. Mobil-mobil yang ada di depan mobil kita mbalik. Ditanyain tuh sama si Ayah. Kata yang mbalik itu, disana nggak bisa jalan. Macet parah.
Oke oke kita semua berusaha sabar. Sampe polsek kita tanya polisinya jalan ke Karangbolong gimana. Beliau bilang bagus-bagus aja meskipun ada yang rusak. Padahal takmir masjidnya tadi bilang jalannya parah. Karena nggak ada jalan lain, kita ambil jalan lewat Karangbolong. Demi menghindari macet nih! Demi! Yah untung nggak cuma mobilku. Ada mobil-mobil lain jadi rasanya ada barengannya.
Karangbolong itu tempatnya perbukitan. Naik turun naik lagi turun lagi. Begitu seterusnya. Yaaaah kayak Wonosari gitulah ya perkiraan kita awalnya. Awalnya naik turunnya sih biasa aja. Tiba-tiba...ada naikan TERJAL BANGET. Gila. Ayah bilang hampir 30 derajat kemiringannya. Mana mbelok gitu. Sampe ditengah-tengah jalan, mobilnya macet, mundur! Deg-degan abis gilaaaaaaaaaaakkkkkk. Aku aja stres gini, gimana Ayah yang nginjek pedal?!
Subhanallah Alhhamdulillah Lailaahailallah Allahuakbar. Sepanjang tanjakan aku dzikir terus. Keringat dingin ngocor. Untung disitu ada petugasnya, yang bantuin kalo ada mobil yang nggak kuat nanjak. Baik banget yah. Selepas tanjakan itu, tanjakkan lain masih menunggu. Yang nggak kalah terjalnya tapi nggak separah tadi. Berdoa terus sepanjang perjalanan. Nggak berani bercanda karena memang bukan waktu yang tepat buat bercanda. Lagi ada di perbukitan yang tanjakannya terjal mana kanan kiri jurang hutan.
Di satu tanjakan yang berbelok (bisa bayangin lah ya) ada mobil pick up yang ngangkut orang nggak kuat naik. Mau diselip Ayah tuh. Petugasnya juga nyuruh nyelip. Pas udah ngelewatin separuh badan mobil, mobil pick up itu bisa naik karena ada yang dorong. Alhasil HAMPIR SEREMPETAN!!!! SEREMPETAAAANNNN!!! Ah gilaaak padahal mobilnya mepet tepi jalan yang kirinya jurang!!!! Ya Allaaaaaah....ngeri banget.
Aku mbatin kok perbukitannya nggak selesai-selesaaaai. Pas bukit terakhir, di atas kelihatan ada laut. Biru banget airnya. Kayak langit subahanallah. Udah turun baru tau kalo kita jalannya itu nyisir pantai. Pantainya tadi namanya Pantai Logending. Indaaah banget subhanallah. Alhamdulillah yaah kita udah keluar dari...neraka terus ketemu surga. Kita nyari jalan utama da ternyata jalan yang kita lewati itu kirinya laut. Ah meski nggak mampir pantai tapi liat pemandangannya udah WOW banget.
Itu kita di Cilacap. Dan tujuan kita ke Purwokerto. Setelah mencari-cari jalan yang nggak macet, akhirnya sampai juga di tempat tujuan. Aku lihat jam dan ternyata itu jam 17.00an SORE. SORE DAN ITU MENJELANG MALEM! Hampir 11 jam Ayah nginjek pedal dan hampir 11 jam pula aku duduk. Sampai pantatku tepossszzzz. Disana sebenarnya njagong. Tapi udah telat berjam-jam. Tapi untung yaaa, sodara sih, jadi dimaklumi.
Kita tidur rencana di Banjarnegara. Dan sampe rumah tujuan jam 22.30 MALEM! MALEM. Ah gilaaaak mudik kali ini hebring abiiissssszzzz. Jadi ada cerita yah. Jadi menuh-menuhin blog yah. Hmm alhamdulillah yaaaaaahh....

No comments:

Post a Comment