Friday, October 7, 2011

8 Fakta Unik SMAN 1 Yogyakarta

Ada fakta unik seputar SMA Negeri 1 Yogyakarta. Mau tau apa? Ini dia…

1. Gerbang 24 Jam


Walaupun namanya sekolah Teladan, tapi murid-muridnya tidak luput dari kebiasaan membolos. Hebatnya sekolah ini tidak begitu ketat soal bolos-bolosan. Setiap hari setidaknya ada 10 sampai 20 orang membolos (jangan tanya saya dari mana data ini didapat). Intinya pasti ada yang bolos. Nah, baiknya lagi di sini pintu gerbang yang bisa diakses cuma satu dan itu pun selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin memasukinya, termasuk yang kabur dari pelajaran. Gak usah heran, anak SMA 1 kalo bolos gak aneh-aneh. Biasanya belajar atau kegiatan organisasi. Yah, tapi tetep aja namanya bolos.


2. Enggak Punya Geng Sekolah

Kalau SMA lain terkenal dengan nama geng-nya, di sini malah kita gak punya geng. Cupu abis. Tapi kita punya nama lain, yaitu Teladan. So proud waktu ditanya: “Sekolah mana?” “Teladan.” Beeeeeeh… sombong!


3. Gedung Kembar

Gak banyak yang tahu kalau SMA 1 ini sebenarnya satu rangkaian sama gedung sebelahnya yang sekarang terkenal dengan nama Jogja National Museum (JNM). Kalau kita lihat sekilas memang kelihatan mirip, tapi sebenarnya gak cuma mirip. Kedua gedung ini adalah gedung kembar. Saya pernah sekali masuk dan takjub sama dalamnya yang persis abis sama sekolah kami. Cuma bedanya ini rada serem. Tadinya gedung ini mau dibeli sama pihak sekolah, tapi gak dapat izin. Padahal katanya kalo jadi dibeli, tanah itu mau dijadiin gelanggang olah raga yang ada kolam renangnya. Sial, pasti keren banget. “SMA 1? Mana itu?” “Itu lho, yang ada kolam renangnya.”

Gedung SMAN 1

Gedung Jogja National Museum


4. Shaf Shalat yang Rapat


Waktu pertama kali masuk sekolah ini, saya sudah terkaget-kaget sama penampilan kakak-kakak kelas yang seragamnya muslimah abis. Jilbab panjang se-ikat pinggang. Bener-bener akhwat. Begitu shalat berjamaah, saya pun terkejut karena tiba-tiba seorang kakak kelas menginjak kaki saya. Tapi gak jadi nginjek, cuma ngerapetin. Jujur baru kali ini shalat berjamaah shaf-nya rapet banget. Rasanya nyaman. Tapi sayangnya kayaknya sekarang udah gak begitu rapet, mungkin karena pengaruh globalisasi dan perputaran waktu. Tapi ya… saya suka banget shalat seperti itu!


5. Hijab

Semua pasti tahu kalau SMA 1 itu termasuk sekolah yang religius. Sampai-sampai ada yang bilang SMA Muhammadiyah Negeri 1. Tapi sejauh ini saya suka-suka aja. Apalagi hijabnya. Jujur awalnya agak aneh, kenapa tiap ada acara gede harus pake hijab (Fyi, hijab itu artinya pembatas. Tapi untuk konteks ini hijab artinya pembatas yang digunakan untuk memisahkan kelompok laki-laki dan perempuan dalam sebuah acara). Tapi sekarang saya seneng banget karena hijab ini membuat kita jadi lebih nyaman ngapa-ngapain: selonjoran, tiduran, salto, kayang, dll.


6. Pom-Pom Boys (Teladan Yelling Team)

Satu lagi yang gak ada di SMA 1, yaitu cheerleader. Oke, ini cupu abis. Tapi kita gak kalah kalo soal sorak-sorakan pas ada event atau pertandingan basket. Namanya Teladan Yelling Team atau biasa disingkat TYT. TYT ini terdiri dari cowok-cowok tidak punya malu yang rela dirinya didandani jadi cewek guna menyoraki tim basket sekolah kita. Proud of you guys. Kita gak kalah oke kok sama sekolah-sekolah lain.


7. Seragam Cuma Satu

Pola rumit seragam SMA 1 Teladan

Gak banyak yang tahu kalau SMA 1 adalah kiblat adanya seragam putih abu-abu bagi seluruh SMA di Indonesia. Ya, awalnya seragam tersebut dipelopori oleh SMA Negeri 1 Yogyakarta. Makanya setiap hari kami jadi make seragam yang sama. Dan pola jahitannya pun rumit banget. Yang mau tahu sejarahnya kenapa SMA 1 bisa jadi pelopor seragam putih abu-abu bisa cek di sini. Untuk pola rumit seragam SMA 1 bisa dicek di sini.

8. Pelopor Siswi Berjilbab

Selain pelopor seragam putih abu-abu, kabarnya sekolah ini juga pelopor seragam berjilbab bagi siswa putri. Cerita lengkapnya bisa dilihat di sini.



Re-post from here.

No comments:

Post a Comment