Sunday, August 5, 2012

Dokter..Dokter.. ckckck


Assalamu’alaykum!
Sobat bloggieees, aku mau cerita nih. Jadi gini..tapi eh tapi #nooffense lho. Entahlah, dokter sekarang pada nggak bener. Ya meskipun yang nggak bener cuma satu. Tapi, kayak peribahasa itulho. Satu orang nggak bener, lainnya kena getahnya *oposih*.

Omku dari Kalimantan. Beberapa bulan yang lalu, beliau ngerasa sakit gitu. Terus cek ke rumah sakit di sana. Kata dokter sana, sakit jantung. Terus omku ke Jogja, ke salah satu rumah sakit di Jogja, ke bagian jantung. Katanya jantungnya nggak bermasalah. Terus karena kadang pegel-pegel juga, cek ke bagian syaraf. Ternyata stroke ringan. Udah kena gitu, jadi penyembuhannya lama.

Terus ke salah satu dokter syaraf terkenal di Jogja. Udah berobat 4-5 bulan. Sebulan yang lalu, beliau ke Jogja lagi. Ceritanya mau kontrol sama minta obat. Hari Kamis, beliau ke klinik dokter tsb di daerah barat sana. Beli obat juga. Obatnya buanyaaaak setas kresek gedhe. Karena pikirnya mau lebaran, hari Sabtunya beliau ke sana lagi dianter Ayah buat minta obat untuk bulan depan. Ternyata obatnya itu hampir menyentuh angka 5 yang 0-nya ada 6! Syok!

Karena udah biasa, diminumlah obat itu sama omku. Ha kok minggu malem menggigil terus. Seninnya, lemeeees banget. Menggigil juga. Dibawalah omku ke salah satu rumah sakit di Jogja sama mama. Akhirnya mondok. Padahal sakjane Selasanya mau balik ke Kalimantan. Subhanallah cari kamarnya syusyah, akhirnya dapet suite room. Kayak hotel, plis. Eh iya pas di UGD, mamaku bawa obat setas kreseknya itu. Tapi disaut sama dokter klinik itu!!!!! Ya amp00000eeeen.

Berhari-hari di rumah sakit nggak ada kejelasan. Sama dokter itu omku disuruh CT-scan. Hasilnya.....otaknya ada pembengkakan! Terus cek darah di laboratorium ternama di Jogja. Hasilnya.....ada 4 virus yang menyerang otaknya! Astagfirullah. Akhirnya karena dipikir kamarnya terlalu mahal, daripada uangnya buat kamar mending buat obat, pindahlah beliau ke vvip B. Ohya, istri beliau dan anaknya jadi stay di sini. Terus omku jadi ditangani 3 dokter. Dua dokter, termasuk dokter klinik itu, nyaranin vaksin untuk ngilangin virus. Tapi, 1 dokter yang lain nolak persetujuan. Karena nggak berai atau nggak yakin gitu. Ya 2 vs 1 menang 2 kan. Omku dikasih obat yang banyaknya nggak ada se-aqua gelas harganya hampir 7jt. Dan itu harus 5x masuk ke tubuh. Bayangke!

Finally omku cek darah lagi tapi di mikrobiologi salah satu universitas di Jogja. Dan hasilnya? TIDAK TERINFEKSI VIRUS SAMA SEKALI. Ternyata pembengkakan itu karena otaknya infeksi. Dokter spesialis virus malah udah bolehin pulang. Tapi dokter klinik itu masih minta omku buat CT-scan lagi. Mosok dalam 14 hari CT-scan sampe 2 kali? Padahal harusnya hasilnya bisa buat 1-3 bulan. Astagfirullah. Ohya! Dokter klinik itu sampe bilang gini ke tanteku, "Duh saya jadi nggak enak, nih.". KOK GAMPANG BANGET NGOMONGE?!

Intinya, omku ternyata cuma infeksi otaknya. Tapi tubuhnya udah keisi obat-obat stroke, obat-obat virus, dll. Semoga setelahnya nggak ada akibat apa-apa. Semoga besok udah bisa pulang. Semoga semua kembali seperti biasa.

Sobat, terutama untuk temen-temenku yang mau jadi dokter, jangan kayak gitu ya nanti. Kalian bener-bener harus nekuni jadi dokter. Ora waton. Aku sambil mbrebes mili lho ini. Masalahnya, ini kedua kalinya aku nemu kasus dokter salah tindakan. Ini tubuh manusia, bukan kelinci percobaan. Dulu aku pernah ngucap, "Aku bakal jadi dokter dan nggak akan jadi dokter yang kayak gitu.". Sayangnya aku nggak di jalan yang menuju jadi dokter. Semoga jadi pelajaran ya. Sedih lho ini :(.

Wassalamu'alaykum!

No comments:

Post a Comment