Thursday, November 17, 2011

Pangandaran

Desember 2010... Saat AFS masih bersembilanbelas dan melakukan penelitian (liburan -red.) ke Pangandaran. AFS naik kereta dari stasiun Lempuyangan siang hari, jam 12an.

Kira-kira AFS tiba di stasiun tujuan pada waktu magrib. Nah langsung deh naik bis kota yang sudah disewa oleh sekolah menuju Pangandaran. Yah jalannya bolong-bolong dan bergelombang! Gila dah itu. Berasa main di timez*one. Setelah beberapa jam akhirnyatiba di losmen atau penginapan atau apalah namanya, dan makan! Setelah itu AFS boleh istirahat di kamar masing-masing. Perlu diketahui bahwa aku sama Shasa sekamar. Dan kamar itu cuma ditempati kami berdua. Kamarnya besar, kipas angin, sofa (1), kamar mandi dalam, dan... king size bed! Kamar yang lainnya dapet dua single bed tapi buat bertiga HAHAHA.

First Day di Pangandaran
AFS melakukan penelitian. Hampir semua penelitian dikerjakan hari itu juga. Karena plan AFS, esok akan main seharian. Oke cepet-cepetin deh penelitiannya. Aku bersama Shasa, Kiki, dan Lisa di dalam satu kelompok penelitian. Pagi itu kami menyewa sepeda tandem dan kami menuju dinas perikanan Pangandaran.

Setelah semuanya selesai, kami kembali ke penginapan. Karena Lisa dan Kiki duluan masuk kamar, aku dan Shasa ditraktir Imel es klapa muda. Segerrrrrr bok.

Acara bebas!!! Geje-gejean da si Risan sama Imel main ke kamarku. Take photos dehhh.

Nah!!! Sore harinya kami ke pantaaaaaai \m/.

Sangat amat menyenangkan!!!

Second Day di Pangandaran
Pagi-pagi yang cewek-cewek keluar jalan-jalan. Cari udara segar sama sarapan :3 masing gelaaap gitu kami jalan berduabelas.

Setelah dari sini kami bebenah dan melaksanakan plan AFS kemarin, main!! Kami, AFS, setelah bebenah langsung minta izin sama guru, Bu Mundari, untuk pergi ke air terjun. Sayangnya kami hanya bertujuhbelas. Dipta sama Usi kecer soalnya belum pada mandi. Sampai di pintu masuk, kami membayar guide. Kalau nggak salah saat itu masing-masing anak membayar Rp12.000,- atau Rp15.000,-. Disinilah petualangan kami dimulai....
(Maaf saya lupa nama tempat-tempatnya) Kami pergi ke gua-gua dan menyusuri hutan, bertemu berbagai macam spesies, dll. Kami melakukannya penuh dengan semangat. Jalannya naiiiiiikkkkk terus. Mana becek soalnya kemarin hujan. Yah banyak banget rintangan yang kami hadapi.

Setelah perjuangan yang berat itu, kami menemukan semacam titik terang. Kami kira udah sampai di air terjunnya. Ternyata tempat ini adalah atas air terjunnya. Disini Usi dan Dipta nyusul. Mereka bareng rombongan guru-guru. Ceritanya, mereka nyewa guide (yang nyewa hanya mereka berdua) dan mereka membayar masing-masing anak Rp50.000,-. Tapi ketika di perjalanan mereka berpapasan dengan guru-guru tersebut dan akhirnya guru-guru itu ngikut.

Perjalanan kami belum selesai! Kami masih berjuang. Meskipun lelah, pegel, dan yang paling ngefek adalah kehabisan air minum. Kami harus naik lagi lalu turun ke air terjun. Saat turun, ternyata kami merambati tebing, terjal. Kalo jatuh ke kanan dan ngglundung, itu udah laut. Ngeri maksimal!! Tapi karena ada bantuan dari guide kami, kami berhasil mencapai tujuan dengan selamat. Dan ternyata kami menghabiskan waktu sekitar 5 jam di perjalanan. Subhanallah. Indaaah banget. Dan kami aksel pertama yang dapat mencapai air terjun dengan anggota lengkap *keplok-keplok*. Menurut cerita kakak kelas, mereka belum pernah ada yang lengkap. Pasti ada yag berhenti di tengah jalan. Kalau kami, insyaallah kami nggak akan nyerah gitu aja untuk melihat indahnya anugerah Allah.

Perjalanan kami belum selesai. Masih harus kembali ke penginapan. Capek? Banget. Kaki berasa udah nggak bisa buat jalan. Tapi kami terus berusaha. Sehingga kami dapat menyentuh garis finish. Kami istirahat di sebuah padang rumput yang luaaaaas. Orang sekitar menyebutnya lapangan Banteng.

Ohya ini foto guide kami :) makasih 'Mas Panji' dan temannya. Nggak ngerti apa jadinya kalau nggaak ada mereka.

Balik ke penginapaaaaaaannnn, udah sore! Aaaaaah padahal belum makan siang. Minum pun jarang. Poor us :(.

Last Day
Balik Jogjaaaaah. Ini fotoku, Lisa, Shasa, dan Kiki di kereta. Jogja! Jogja!

Pengalaman liburan yang takkan pernah terlupakan :').